11 July 2012

Menghasilkan gambar yang tajam

Mendapatkan gambar yang tajam merupakan kepuasan tersendiri bagi seorang fotografer. Walaupun tidak semua gambar harus dipresentasikan dengan ketajaman tapi ada beberapa kategori foto yang lebih indah jika menghasilkan ketajaman yang baik. Ketika berbicara ketajaman gambar, maka yang diharapkan dari gambar tersebut adalah detail yang baik. Sebenarnya tidak begitu sulit mendapatkan foto yang tajam, Berikut beberapa tips mendapatkan gambar yang tajam.





1. Tripod dan sejenisnya.

   Yang paling umum dilakukan adalah pemakaian tripod. Jaman sekarang juga sudah tersedia tripod untuk handphone atau kamera saku yang berukuran kecil dan ringkas untuk dibawa. Untuk mobilitas tinggi dan keterbatasan ruang bisa juga menggunakan monopod, walaupun kemampuannya tidak sebaik tripod. Pastikan tripod yang kita gunakan sesuai dengan bobot kamera dan lensa yang kita pakai. Selain itu juga bisa menggunakan beanbag. Pada dasarnya penggunaan alat-alat ini adalah mengurangi guncangan  pada kamera.

2. Gunakan Shutter release or timer.
   
   Penggunaan tripod pun ternayata masih bisa menimbulkan guncangan. Pada saat kita menekan tombol shutter sebenarnya telah terjadi guncangan pada kamera anda. Apalagi ketika kita menggunakan kecepatan shutter yang lambat, maka guncangan saat menekan tombol shutter bisa mempengaruhi ketajaman gambar. Untuk menghindarinya kita bisa menggunakan shutter release. Sebuah alat yang membuat kita tidak harus menekan tombol shutter pada bodi kamera. Ada yang menggunakan kabel atau infrared. Bila anda tidak memilikinya, bisa menggunakan fasilitas timer pada kamera juga.

3. Gunakan fitur Image Stabilization.

   Banyak lensa yang menggunakan fasilitas ini, biasanya dikenal dengan istilah IS/VR/OIS dsb. Bahkan ada beberapa produsen yang membuat stabilizernya pada body kamera, jadi lensa apapun bisa menggunakan fasilitas stabilization. Biasanya fasilitas ini digunakan untuk lensa zoom dan penggunaan tanpa tripod. Tapi sekarang sudah ada lensa yang menggunakan fasilitas tripod detection, jadi anda tetap bisa mengunakan stabilizition walaupun dipasang ke tripod.

4. Gunakan Aperture yang tepat.

   Pemilihan aperture (diafragma) ini biasanya untuk kamera yang sudah ada fasilitas manual mode. Anda bisa mengatur lebar diafragma sesuai kebutuhuan. Untuk mendapatkan ketajaman merata pada objek biasanya digunakan f/8 sampai f/11. Tapi beberapa kasus bisa menggunakan diafragma yang lebih sempit lagi seperti saat menggambil foto landscape. Penggunaan diafragma yang kecil bisa berakibat menurunnya kecepatan rana. Saat kondisi cahaya terang kita bisa gunakan ND filter untuk mendapatkan shutter yang lebih lambat (long exposure).

5. Mirror Lock Up

   Ada cermin kecil yang mamantulkan cahaya masuk ke viewfinder kita, ketika shutter ditekan maka cermin itu bisa terguncang dan bisa mengurangi ketajaman gambar. Beberapa model SLR tidak menggunakan cermin ini. Untuk SLR yang menggunakan biasanya ada fasilitas Mirror Lock Up. Cermin akan tertutup dan viewfinder kita akan menjadi gelap. Kita juga bisa menggunakan continuous mode (burst mode) untuk menghidari guncangannya, karena pada saat tombol shutter di tahan, mirror pun akan tertahan pada posisi tertutup.

6. Mematikan fitur noise reduction

   Beberapa kamera digital memiliki fitur noise reduction yang bertujuan mengurangi tingkat noise ketika menggunakan ISO tinggi.  Hal ini bisa menyebabkan penurunan ketajaman pada gambar. Memang pilihan yang sulit ketika kemampuan kamera kita hanya bisa bertahan di ISO yang rendah sedangkan noise reduction pun tidak bisa membantu banyak. Mungkin tidak menjadi masalah ketika kita menggunakan Nikon D3 or Canon 1Ds mark III.

7. Flash sebagai cahaya tambahan

   Banyak yang mengeluhkan bahwa penggunaan cahaya dari internal maupun external flash akan menghasilkan gambar yag tidak natural. Tapi ketika kita mengharapkan ketajaman gambar pada saat kondisi cahaya yang kurang mendukung maka tidak ada salahnya kita menggunakan bantuan flash agar bisa mendapatkan shutter speed yang lebih tinggi. Ada baiknya kita menggunakan difusser flash atau teknik bounce agar cahaya yang dihasilkan bisa lebih natural.

8. Waspadai kerusakan peralatan

   Langkah-langkah untuk mendapatkan hasil gambar yang tajam sudah kita lakukan, tapi masih saja menghasilkan gambar yang kabur. Mungkin bisa saja terjadi miss focus yang biasa terjadi karena kerusakan lensa ataupun focusing screen. Bila ini terjadi maka ada baiknya anda membawa peralatan anda ke service centre untuk diperbaiki atau dikalibrasi ulang.

9. Belanja lensa yang tajam

   "Memang selama ini lensa saya belum tajam?" atau "memangnya gambar dari lensa yang tajam akan berbeda?" Pertanyaan seperti itu pernah muncul difikiran anda, jawabannya mungkin sebaiknya anda coba sendiri dan anda akan merasakannya. Lensa yang tajam biasanya dihasilkan dari fix/prime lens. Kalau anda mau mencobanya anda bisa memiliki lensa 50mm f /1.8 yang harganya cukup murah. Selain itu masih banyak lagi lensa tajam dengan rentang harga yang cukup membuat kantong anda terkuras. 

10. Unsharp Mask

   Fasilitas ini biasanya terdapat pada software pengolah gambar. Bisa dari Photoshop, Lightroom, GIMP atau yang lainnya. Perlu dicatat fasilitas ini tidak membuat gambar kabur menjadi tajam. tapi setidaknya bisa menaikkan ketajaman gambar. Gunakan juga ketika kita telah memperkecil ukuran gambar. Pelajari lagi bagaimana uniknya unsharp mask ini. Banyak situs yang membahasnya

4 comments:

  1. Anonymous1/3/13 19:10

    Woω, thіs piecе of writing is plеasant, my
    youngeг sіster is analyzing ѕuch things, therefοгe I am going to convey her.


    my web blog :: Chatroulette

    ReplyDelete
  2. Anonymous2/3/13 03:31

    Thanκ you for the goοd writеup.
    It in fact was а amusement account it.
    Look aԁvanced tο morе added agreеablе from уou!

    Вy the way, how соuld we communiсate?



    Tаke a loοk at my blog - Hemorrhoids Relief

    ReplyDelete
  3. Anonymous2/3/13 15:55

    Ιt's actually very complicated in this busy life to listen news on Television, thus I just use web for that purpose, and obtain the most recent information.

    Here is my blog post - acne skin care

    ReplyDelete
  4. Anonymous6/3/13 09:05

    I thіnk this is onе оf thе so much vital info for me.
    And і am ѕаtisfied reаԁing
    уour article. Hoωеѵer wannа obѕегvаtion on fеw common things, Thе web site taste is grеat, the aгticles
    iѕ really niсe : D. Eхcellent taѕκ, cheегѕ

    Tаke a lοoκ at my blog :: hemroids52.onsugar.com
    My website > http://Lagbook.co...

    ReplyDelete